Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun masih banyak peserta didik yang belum menggemari mata pelajaran tersebut. Ini adalah salah satu tantangan bagi guru matematika. Bagaimana cara agar peserta didik tertarik belajar matematika terutama materi Persamaan Linier Satu Variable(PLSV)? Anita Farahiya(kompasiana.com) dalam Belajar Efektif dengan Suasana yang menyenangkan menuliskan bahwa cara yang pas untuk referensi bagaimana suasan kelas yang menyenangkan adalah menyanyi, melakukan kegiatan diluar kelas(outdoor) dan menggambar. Cara-cara ini dilakukan agar anak tidak merasa bosan hanya mendengarkan, dapat menambah semangat anak dan suasana menyenangkan.
“Simela” diambil dari kata kreaSi Melalui Lagu. Pembelajaran materi PLSV di kelas VII SMP Negeri 1 Bawen dikreasikan menggunakan lagu yang liriknya berupa konsep untuk menyelesaikan materi tersebut. Dengan berkreasi melalui lagu diharapkan peserta didik merasa senang dan nyaman dalam proses pembelajaran sehingga konsep akan mudah dipahami dan diingat. Sebelumnya peserta didik diberitahukan dulu bahwa tangan kiri dianggap ruas kiri, badan sebagai sama dengan dan tangan kanan sebagai ruas kanan. Peserta didik diajak bernyanyi dan menggerakkan tangannya. Syairnya:
Ini ruas kiri, ini ruas kanan
Kalau pindah ruas tandanya berubah
Awalnya positif menjadi negatif, awalnya negatif menjadi positif.
Maksud dari syair diatas adalah jika suku pada ruas kiri pindah ke ruas kanan atau sebaliknya maka tandanya berubah dari positif menjadi negatif dan dari negatif menjadi positif.
Berbekal lagu tersebut peserta didik diberikan latihan soal untuk diselesaikan secara diskusi kelompok dengan jumlah anggota 4 orang. Guru berkeliling untuk melihat hasil diskusi. Dari 8 kelompok masih ada dua kelompok yang belum benar hasil pekerjaanya. Guru membimbing kelompok yang belum benar dalam mengerjakan soal agar peserta didik memahami materi yang sedang diajarkan.
Akhir dari pembelajaran PLSV pada pertemuan berikutnya guru mengadakan penilaian harian. Hasil yang diperoleh dari 31 peserta didik yang memperoleh nilai tuntas 20 orang, ini berarti sudah ada kemajuan dibandingkan dengan hasil penilaian harian materi sebelumnya. Kesimpulannya berkreasi melalui lagu dapat membantu pemahaman peserta didik untuk menyelesaikan PLSV.
ENJANG SULASTRI, S.Pd
Guru Matematika SMP Negeri 1 Bawen