Kegiatan P5 (Projek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Bangunlah Jiwa dan Raganya bertujuan membangun  karakter siswa yang  sehat mulai dari  fisik  maupun mental. Siswa  diajak untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan  fisik  melalui pola   makan sehat, kebersihan diri, olahrada dll. Semua ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang tidak hanya kuat secara fisik, tetapi juga  memiliki jiwa yang  sehat dan berkarakter baik sesuai dengan nilai-nilai  Pancasila

Pola hidup sehat adalah hidup yang  memperhatikan keseimbangan antara nutrisi, aktivitas fisik, dan kesehatan mental. Dengan menjalankan pola   hidup sehat yang  konsisten, tidak   hanya memiliki tubuh yang  sehat dan bugar tetapi juga  pikiran yang  jernih dan siap  menghadapi kehidupan sehari hari

Aksi nyata yang dilakukan kelas 9D adalah aksi nyata berkelanjutan, seperti contohnya aksi nyata dari  kelompok 2 adalah polisi  air putih kelas 9D, mereka membuat jurnal minum air putih bagi siswa kelas 9D untuk memantau apakah siswa kelas 9D sudah memenuhi kebutuhan air putih harian. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran pentingnya minum air putih 2 liter perhari.

Aksi nyata kelompok 3 merupakan ice breaking  kesehatan, di  mana mereka membuat ice breaking   yang   dimodifikasi  sendiri  semacam yel-yel  atau gerakan yang   bertujuan  untuk menciptakan suasana yang  lebih  santai dan mengurangi stres serta untuk melakukan sedikit peregangan, ice breaking  melibatkan gerakan fisik dan yel-yel  yang  dapat membangkitkan semangat. Ice breaking  ini dapat diterapkan saat pembelajaran setiap hari  dengan mengajak guru mapel pada saat jam-jam genting sebagai penyegaran.

Lalu aksi  nyata dari  kelompok 4, mereka berinisiatif membuat program konsumsi kudapan sehat berupa buah potong atau jus buah untuk siswa kelas 9D. Jadwal penyajian buah potong atau jus buah diatur agar merata. Selain siswa,  kelompok 4 bersama wali kelas juga berencana untuk melibatkan paguyuban orang tua. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran konsumsi kudapan sehat dan kerjasama antara siswa,  sekolah, orang tua,  dan masyarakat. Mereka juga membuat jadwal kudapan sehat kelas 9D periode September – November 2024.

Aksi nyata kelompok 5 adalah jadwal sarapan sehat bersama 9D. Mereka menjadwal tema menu sarapan sehat termasuk pemilihan menu sehat apa yang  di bawa. Jadwal dirancang oleh  kelompok 5 lalu diterapkan oleh  siswa kelas 9D dengan membawa bekal dari rumah dan sarapan bersama tepatnya  di kelas 9D, kegiatan sarapan sehat ini dilaksanakan  2 minggu sekali.   Aksi  nyata ini  bertujuan  untuk  meningkatkan kesadaran  siswa akan pentingnya sarapan dengan makanan sehat yang  baik  untuk tubuh. Sarapan sehat dilakukan selama bulan September – November.

Aksi nyata kelompok 6 adalah membuat buku resep makanan sehat. Mereka membuat buku resep yang  akan di investasikan pada pojok baca kelas 9D. Tujuannya adalah agar menjadi inspirasi bekal makanan sehat dan mereka berharap bekal yang  di bawa oleh  siswa kelas 9D merupakan makanan sehat.

Kampanye yang  kami  lakukan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan dalam jangka panjang. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan masyarakat dapat lebih   terbuka untuk mengadopsi gaya  hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap kampanye kelas 9D dapat membuka wawasan tentang pentingnya hidup sehat. (Adi, Akbar, Alvin, Azril, Bimo, Galih kelas 9D TA 2024 – 2025)