
ABSTRAK
Edi Sujoko, S.S.
SMP Negeri 1 Bawen
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dampak pandemi covid-19 terhadap peran pendidik di SMPN 1 Bawen. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif. Pendidik SMPN 1 Bawen telah melaksanakan perannya di masa pendemi covid 19. Meski telah menjalankan perannya namun masih terdapat hambatan-hambatan yang dialami yaitu; (1) pendidik kesulitan menyusun RPP online, (2) pendidik masih kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian, (3) pemanfaatan LMS GCR secara sistematis, (4) peran peserta didik dalam pembelajaran olnine menurun dari waktu ke waktu, (5) orang tua peserta didik kurang optimal menjalankan perannya dalam mendidik anak. Namun juga tedapat faktor pendung pelaksanaan peran pendidik dimasa pandemi covid 19, yaitu; (1) peran kepala sekolah dalam menyediakan alternatif pemecahan masalah pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang dihadapi oleh sekolah, (2) peran serta komite dan masyarakat cukup tinggi, (3) sarana dan prasarana sekolah lengkap, (4) flexibelitas pemanfataan dana BOS untuk mengatasi permasalahan PJJ, (5) besarnya dukungan stakeholders, dinas pendidikan, komite, masyarakat, dan gugus covid 19.
Kata Kunci: Pandemi Covid 19, Peran Pendidik, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)